TUGAS III
No Soal Skor
1. Sebuah perusahaan produsen susu formula bagi balita berniat membuat iklan dengan menggunakan selebriti sebagai endorser.
a. Susunlah sebuah konsep komunikasi pemasaran dengan menggunakan selebriti sebagai endorser! Deskripsikan pesan yang akan disampaikan, deskripsikan siapa
selebriti yang akan digunakan dan jelaskan mengapa selebriti tersebut sesuai!
20
b. Jelaskan faktor apa yang membuat konsumen tertarik untuk mengikuti selebriti
tersebut! 15
Skor Total 35
2. Anda ditugaskan untuk membuat konsep iklan suplemen kesehatan untuk
meningkatkan daya tubuh, dengan mengedepankan situasi konsumen sebagai daya tarik iklan tersebut.
a. Jelaskan bagaimana situasi berpengaruh terhadap perilaku konsumen! Jelaskan
dengan menggunakan contoh suplemen kesehatan tersebut! 10
b. Susunlah sebuah konsep iklan suplemen kesehatan untuk meningkatkan daya tubuh dengan menggunakan situasi konsumen yang memerlukan penggunaan suplemen tersebut! Deskripsikan situasi yang akan dikomunikasikan pada iklan tersebut, dan mengapa pada situasi tersebut suplemen kesehatan untuk
meningkatkan daya tubuh yang Anda pasarkan dapat menjadi solusi!
20
Skor Total 30
3. Seorang mahasiswa, berencana untuk membeli laptop. Dengan menggunakan tahap- tahap pengambilan keputusan konsumen, jelaskan beberapa hal sebagai berikut.
a. Termasuk tipe pengambilan keputusan yang manakah pembelian laptop
tersebut! Jelaskan jawaban Anda! 5
b. Uraikan tahap-tahap proses pengambilan keputusan konsumen yang dilalui oleh
mahasiswa tersebut! 15
c. Buatlah perbandingan tahap pengambilan keputusan dan tipe pengambilan keputusan mengenai pembelian laptop tersebut dengan pembelian tas untuk keperluan kuliah!
15
Skor Total 35
Jawab
1. Pesan yang akan di sampaikan :
Pesan yang ingin disampaikan dalam iklan ini adalah bahwa susu formula tersebut merupakan pilihan yang baik dan aman untuk perkembangan balita. Pesan ini dapat ditekankan melalui aspek kesehatan, nutrisi, keamanan, dan manfaat yang diberikan oleh susu formula tersebut.yang di buktikan dengan penelitian ilmiah yang propeseional sehingga selebriti yang melakukan endorser tersebut percaya dan mengunakan produk susu tersebut untuk membantu tumbuh kembang anak mereka.
selebriti yang akan digunakan
Memilih selebriti yang sesuai adalah kunci untuk mencapai efektivitas dalam kampanye ini. Dalam hal ini, selebriti yang dipilih harus memiliki citra yang positif, terkait dengan kesehatan, keibuan, dan kesadaran akan nutrisi balita. Selebriti ideal untuk menjadi endorser dapat berupa seorang ibu yang dikenal luas, memiliki anak balita, dan dikenal karena komitmen dan pengetahuan tentang kesehatan dan nutrisi balita.
Alasan Selebriti yang Sesuai
Memilih selebriti yang sesuai dengan konsep produk dan pesan yang ingin disampaikan adalah penting. Dalam kasus ini, seorang selebriti ibu yang memiliki citra yang baik sebagai sosok yang peduli terhadap kesehatan dan nutrisi balita akan membuat konsumen merasa lebih terhubung dengan iklan dan mendorong kepercayaan pada produk. Selebriti tersebut dapat menjadi sosok inspiratif yang dapat mempengaruhi konsumen untuk memilih susu formula tersebut.
. Jelaskan faktor apa yang membuat konsumen tertarik untuk mengikuti selebriti tersebut!
• Kepopuleran:
Konsumen cenderung tertarik untuk mengikuti selebriti yang populer dan terkenal. Kepopuleran selebriti dapat menciptakan daya tarik dan minat konsumen untuk mengikuti aktivitas dan perkembangan selebriti tersebut.
• Pengaruh
Selebriti sering kali memiliki pengaruh yang besar terhadap pengikut mereka. Konsumen dapat merasa terinspirasi atau terpengaruh oleh gaya hidup, pendapat, atau preferensi yang ditunjukkan oleh selebriti. Mereka mungkin merasa bahwa dengan mengikuti selebriti tersebut, mereka dapat mencerminkan gaya hidup atau nilai-nilai yang diwakili oleh selebriti tersebut.
• Kepercayaan
Konsumen memiliki kepercayaan terhadap selebriti sebagai sumber informasi yang dapat diandalkan, sehingga lebih mungkin untuk mempercayai dan mencoba produk yang direkomendasikan oleh selebriti tersebut
• Asosiasi Positif
Adanya asosiasi positif antara selebriti dan produk, sehingga konsumen cenderung mempercayai dan mencoba produk yang direkomendasikan oleh selebriti tersebut
• Kredibilitas
Selebriti yang dianggap memiliki kredibilitas dalam bidang tertentu dapat menarik minat konsumen. Jika selebriti memiliki pengetahuan atau keahlian yang relevan dengan produk atau layanan yang mereka dukung, konsumen mungkin merasa lebih yakin dan tertarik untuk mengikuti selebriti tersebut.
Dari jawaban di atas saya mau mengambil contoh
Nagita Slavina sebagai selebriti endorser untuk susu formula ini merupakan langkah strategis yang dapat memberikan dampak positif pada kampanye pemasaran. Faktor-faktor seperti kepemimpinan, kredibilitas, dan pengaruh positif yang dimiliki oleh Nagita Slavina dapat memberikan dorongan kuat terhadap kepercayaan konsumen terhadap produk susu formula tersebut. Selain itu, asosiasi positif antara citra Nagita Slavina dan nilai-nilai kesehatan, nutrisi, serta keamanan produk menciptakan narasi yang meyakinkan bagi konsumen. Bisa di lihat dari iklan yang perna di bintangi dengan anaknya https://www.youtube.com/watch?v=Li6ewauNAcE
Penggunaan selebriti sebagai endorser tidak hanya menciptakan daya tarik visual tetapi juga mengaitkan produk dengan gaya hidup dan nilai-nilai yang diwakili oleh selebriti tersebut. Dengan membangun hubungan emosional antara konsumen dan produk, kampanye ini berpotensi meningkatkan kesadaran, kepercayaan, dan minat konsumen terhadap susu formula tersebut.
2. Jelaskan bagaimana situasi berpengaruh terhadap perilaku konsumen! Jelaskan
Situasi konsumen memiliki dampak signifikan terhadap perilaku konsumen dalam membeli produk, termasuk suplemen kesehatan. Sebagai contoh, perilaku konsumen dapat dipengaruhi oleh faktor seperti kepercayaan, persepsi, dan kesadaran tentang manfaat produk. Jika konsumen percaya terhadap manfaat suplemen kesehatan, mereka akan lebih tertarik untuk membeli dan menjadikannya sebagai pelanggan.
Beberapa hal yang membuat suplemen kesehatan dapat mempengaruhi perilaku konsumen meliputi:
• Kepercayaan
Bagaimana cara membuat konsumen memiliki kepercayaan terhadap manfaat suplemen kesehatan, sehingga mereka akan lebih tertarik untuk membeli dan menjadikannya sebagai pelanggan.
• Persepsi
Persepsi konsumen tentang manfaat suplemen kesehatan dapat mempengaruhi bagaimana mereka berinteraksi dengan produk. Jika mereka memiliki persepsi positif tentang manfaat suplemen, mereka akan lebih tertarik untuk mencoba produk tersebut.
• Kesadaran
Kesadaran konsumen tentang risiko kesehatan yang dapat diatasi dengan suplemen kesehatan dapat mempengaruhi keberlanjutan mereka untuk membeli produk tersebut.
• Target pasar
Identifikasi target pasar yang tepat dengan mengetahui jenis konsumen yang memiliki masalah kesehatan yang dapat diatasi dengan suplemen kesehatan.
• Mesajing
Sending persuasif dan informatif dengan mengingatkan ajaran dari konsumen untuk membeli produk suplemen kesehatan.
Saya mengambil contoh
Iklan Enervon-C, situasi yang ditampilkan mungkin adalah seorang pekerja kantoran yang merasa lelah dan kurang berenergi setelah seharian bekerja. Situasi ini dapat menyebabkan konsumen mempertimbangkan menggunakan suplemen kesehatan seperti Enervon-C untuk meningkatkan daya tubuh dan mengatasi kelelahan.
Iklan Enervon-C dapat menampilkan pekerja kantoran yang sedang berjuang dengan kelelahan, tetapi setelah mengonsumsi Enervon-C, mereka merasakan peningkatan energi dan semangat yang lebih baik. Situasi ini dapat menggambarkan betapa pentingnya meningkatkan daya tubuh untuk menjalani aktivitas sehari-hari dengan baik.
Dalam contoh ini, situasi yang ditampilkan dalam iklan Enervon-C dapat mempengaruhi perilaku konsumen untuk membeli suplemen kesehatan tersebut. Mereka dapat merasa terhubung dengan situasi yang ditampilkan dan merasa bahwa Enervon-C dapat menjadi solusi untuk meningkatkan daya tubuh mereka dan mengatasi kelelahan.
Susunlah sebuah konsep iklan suplemen kesehatan untuk meningkatkan daya tubuh dengan menggunakan situasi konsumen yang memerlukan penggunaan suplemen tersebut! Deskripsikan situasi yang akan dikomunikasikan pada iklan tersebut, dan mengapa pada situasi tersebut suplemen kesehatan untuk
meningkatkan daya tubuh yang Anda pasarkan dapat menjadi solusi!\
Deskripsi Singkat:
Iklan yang menghadirkan kisah seorang pekerja kantoran bernama Alex, yang setiap hari merasakan kelelahan setelah menjalani rutinitas pekerjaan yang padat. Namun, setelah menemukan Enervon-C, hidupnya berubah. Iklan ini bertujuan untuk mengilustrasikan bagaimana Enervon-C dapat menjadi solusi untuk meningkatkan daya tubuh dan mengatasi kelelahan, membantu konsumen mencapai potensi maksimal mereka setiap hari
Situasi dalam Iklan:
Kita membuka iklan dengan adegan Alex duduk di meja kerjanya, melihat jam dinding yang menunjukkan pukul 5 sore. Wajahnya letih dan semangatnya meredup. Kami menyajikan momen-momen dari hari Alex yang padat, mulai dari rapat hingga tumpukan pekerjaan di meja.
Selanjutnya, kita tunjukkan bagaimana Alex menemukan Enervon-C melalui rekomendasi seorang teman. Alex memutuskan untuk mencoba suplemen tersebut untuk meningkatkan daya tubuhnya. Adegan berikutnya adalah Alex mengonsumsi Enervon-C dengan segelas air.
Adegan berlanjut ke keesokan paginya, di mana kita melihat perubahan dramatis. Alex bangun dengan semangat, berolahraga ringan, dan tiba di kantor dengan senyuman. Ia melibatkan diri dengan energi yang baru ditemukan dalam pertemuan, dan pekerjaan di mejanya diselesaikan dengan produktivitas tinggi.
Tagline
Recharge Your Day with Enervon-C
Pesan Iklan:
Dengan menyoroti kisah nyata seorang pekerja kantoran yang mengalami kelelahan, iklan ini menekankan bahwa Enervon-C adalah solusi yang teruji untuk meningkatkan daya tubuh. Pesan intinya adalah bahwa setiap tetes energi tambahan dari Enervon-C membantu seseorang mencapai potensi maksimal, memastikan bahwa kelelahan tidak lagi menjadi hambatan.
3. Termasuk tipe pengambilan keputusan yang manakah pembelian laptop
tersebut! Jelaskan jawaban Anda!
Pemecahan masalah yang di perluas
Keputusan konsumen memiliki istilah macam macam diantranya adalah pertama extendet problem solving ,ektendet problem solving atau di sebut dengan pemecahan masalah yang di perluas yaitu ketika konsumen mempertimbangakan banyak hal sebelum ia mengambil sebuah keputusan .Konsumen sebelum menentukan untuk membeli suatu produk di sertai dengan banyak pertimbangan .
Uraikan tahap-tahap proses pengambilan keputusan konsumen yang dilalui oleh
mahasiswa tersebut!
• Pengenalan kebutuhan
Mahasiswa mengetahui seperti apa laptop yang di butuhkan untuk menunjang kegiatan akademiknya.
• Pencarian informasi
Mahasiswa mencari informasi tentang merek, spesifikasi, dan harga laptop yang tersedia di pasaran.Bisa dengan refrensi dari teman,melihat riview di internet dan lain lain sebagainya.
• Evaluasi alternatif
Mahasiswa membandingkan berbagai merek dan spesifikasi laptop yang tersedia di pasaran untuk memilih yang paling sesuai dengan kebutuhannya.
• Pembelian
Mahasiswa memutuskan untuk membeli laptop yang dipilih setelah mempertimbangkan berbagai faktor seperti harga, spesifikasi, dan merek.
• Konsumsi
Mahasiswa menggunakan laptop untuk menunjang kegiatan akademiknya.
• Evaluasi pasca konsumsi
Mahasiswa mengevaluasi kinerja laptop yang telah dibelinya dan memutuskan apakah akan mempertahankan atau mengganti laptop tersebut
Buatlah perbandingan tahap pengambilan keputusan dan tipe pengambilan keputusan mengenai pembelian laptop tersebut dengan pembelian tas untuk keperluan kuliah!
• Pengenalan Masalah
Baik dalam pembelian laptop maupun pembelian tas, tahap pengenalan masalah adalah kesadaran akan kebutuhan yang perlu dipenuhi. Misalnya, mahasiswa menyadari bahwa mereka membutuhkan laptop untuk keperluan akademik dan tas untuk membawa buku dan perlengkapan
• Pencarian Informasi
Dalam kedua pembelian tersebut, mahasiswa akan mencari informasi tentang opsi yang tersedia. Mereka dapat melakukan riset online, membaca ulasan, meminta rekomendasi dari teman atau keluarga, atau mengunjungi toko fisik untuk melihat pilihan yang ada.
• Pencarian Informasi
Dalam kedua pembelian tersebut, mahasiswa akan mencari informasi tentang opsi yang tersedia. Mereka dapat melakukan riset online, membaca ulasan, meminta rekomendasi dari teman atau keluarga, atau mengunjungi toko fisik untuk melihat pilihan yang ada.
• Pengambilan Keputusan
Setelah melakukan evaluasi, mahasiswa akan memilih laptop atau tas yang paling sesuai dengan kebutuhan dan preferensi mereka. Keputusan ini akan dipengaruhi oleh faktor seperti anggaran, merek yang dipercaya, rekomendasi, dan fitur yang diinginkan
• Perilaku Pasca-Pembelian
Setelah membeli laptop atau tas, mahasiswa akan mengalami tahap perilaku pasca-pembelian di mana mereka akan menggunakan barang tersebut dalam kegiatan sehari-hari mereka. Mereka akan mengevaluasi apakah barang tersebut memenuhi harapan mereka dan jika ada masalah, mereka mungkin mencari dukungan pelanggan atau melakukan perawatan dan pemeliharaan yang diperlukan.
• Tipe Pengambilan Keputusan:
Pembelian laptop dan pembelian tas untuk keperluan kuliah termasuk dalam tipe pengambilan keputusan yang melibatkan pembelian berulang atau pembelian rutin. Mahasiswa mungkin telah memiliki pengalaman sebelumnya dalam membeli laptop atau tas, dan mereka juga cenderung mengambil keputusan yang lebih rasional dan terencana dengan mempertimbangkan berbagai faktor sebelum membuat keputusan akhir.
Dalam kedua pembelian tersebut, mahasiswa akan melalui tahap-tahap pengambilan keputusan yang serupa, tetapi dengan fokus pada atribut dan kebutuhan yang berbeda.
Sumber
https://www.youtube.com/watch?v=Li6ewauNAcE
https://www.youtube.com/watch?v=5Gq9Id7UnWI
https://www.youtube.com/watch?v=STrC8vTkIAA
EKMA4567
LEMBAR SOAL TUGAS TUTORIAL KE-3 Dalam kerangka meningkatan kepuasan kepada pelanggannya serta menarik pelanggan baru, PT. Astra Jaya memberikan pelayanan ganti oli gratis kepada pelanggan mereka khusus pengguna Mobil Matic tahun 2023, Karena keterbatasan mencakup daerah yang tidak terlalu luas, maka untuk melayani pelanggannya dari berbagai lokasi PT. Astra Jaya membuka satu counter pelayanan gratis dilokasi lain. Pelanggan dilayani berdasarkan first - in, first - out basis. Rata –rata ada 4 mobil yang datang setiap jamnya sedangankan kemampuan pelayanan yang diberikan oleh pihak PT. Astra Jaya adalah 6 mobil perjam, sedangkan rata-rata tingkat kemampuan pelayanan setiap Teknisi yang bertugas adalah 8 motor per jam, dan probabilitas nol unit atau pelanggan dalam system P0 = 0. 52 maka hitunglah : a. Ls = rata-rata banyaknya unit mobil dalam system yang dilayani! b. Ws = rata-rata waktu yang digunakan unit mobil dalam sistem (antrean atau mendapat pelayanan)! c. Lq = rata-rata...
Komentar
Posting Komentar